Bahagianya Merayakan Cinta 5

bismiLLah…

309176_502973049742655_1316999132_n

Barakah Yang Kita Temukan di Beningnya Air mata. 

”Apakah manusia mengira bahawa mereka dibiarkan saja mengatakan ‘Kami telah beriman’ sedang mreka tidak lagi diuji? Dan sesungguhnya Kami telah menguji orang-orang sebelum mereka, maka sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang benar dan sesungguhnya Dia mengetahui orang-orang yang dusta” (Al Ankabut: 2-3)

Tiada yang dibiarkan Allah sekadar mengatakan kami telah beriman, sebelum ia diuji. Seolah , Allah telah memproklamasikan, bahwa konsekuensi iman adalah ujian. Dalam iman ada penjenjangan. Dalam surga ada tingkatan-tingkatannya. Dan untuk menempatkan makhluqnya, Allah memberikan ujian-ujian. Dan sungguh kita tak sendiri. Orang-orang sebelum kita pun telah diuji, maka Allah memiliki hujjah atas orang-orang yang berjihad dan bersabar.

Mengapa ujian terasa begitu berat? Yang pasti , Ia tak membebani hambaNya di luar kesanggupannya. Tetapi jangan salah mengartikan.Kalau ujian itu hadir untuk kita, artinya Allah Maha Tahu bahwa kita mampu menanggungnya. Selebihnya, adalah soal kemauan untuk menghadapi dan bukannya melarikan diri. Kesungguhan untuk mengatasi dan bukannya tiarap. Meski rasa manusiawi adalah kewajaran…

”Dan sungguh akan kami berikan ujian pada kalian dengan ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah , mereka mengucapkan ‘ innaa lillaahi wa innaa ilaihi raaji’uun, sesungguhnya kami ini milik Allah dan kepadaNyalah kami akan kembali’. Mereka itulah yang mendapat keberkatan yang sempurna dan rahmat dari Tuhan mereka, dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk” (Al Baqarah: 155-57)

MENAKJUBKAN urusan orang yang beriman. Begitu kata Rasulullah saw. Segala urusannya adalah kebaikan. Dan itu takkan terjadi kecuali pada seorang mukmin. Dan jika beroleh nikmat, ia bersyukur. Maka syukur itu adalah baik baginya.

Lalu, dalam kondisi apa kita ini?

sumber: Karya Bahagianya Merayakan Cinta. Salim A Fillah
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s